Tingkatakan Kompetensi Pendidik, SMAPDA Gelar Workshop Penyusunan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi
Guna meningkatkan kompetensi dan kemampuan pendidik, SMA Pembangunan 2 Karangmojo menyelenggarakan Workshop bertema Penyusunan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi. Kegiatan tersebut terlaksana pada Senin dan Selasa (18-19/9) bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Utara.
Hadir dalam Workshop tersebut, pemateri eksternal yaitu Kepala SMA Negeri 1 Karangmojo, Ibu Siti Zumrotul Arifah, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan materi bertema Pembelajaran dan Asesmen.
Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa pembelajaran merupakan proses interaksi antara murid, guru, dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran dilakukan melalui paradigma baru dan berdiferensiasi sehingga menjadi menyenangkan, berpusat pada murid, dan sesuai kebutuhan serta tahap kembang murid.
Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.
Prinsip pembelajaran berdifensiasi yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.
Lebih lanjut Beliau juga menyampaikan mengenai Asesmen. Asesmen atau penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid.
Dalam Kurikulum Merdeka dikenal dua macam asesmen pembelajaran yaitu Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif. Asesmen Formatif merupakan asesmen yang bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi tujuan pembelajaran. Sementara itu, Asesmen Sumatif merupakan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran peserta didik guna menentukan kenaikan kelas dan/atau kelulusan.
Di akhir kegiatan, sebagai tindak lanjut Workshop, peserta diminta membuat Rubrik Penilaian dan Soal dengan tipe HOTS.